Powered by Blogger.

Musim Hujan Waspada Musim Demam Berdarah

Assalamualaikum

Musim Hujan Musim Waspada

Musim hujan Siap-siap pasang badan nih. Daya tahan tubuh lagi di uji ketahanan nya. Butuh perhatian ekstra bagi para ibu, buat melindungi para anggota keluarga agar tetap sehat. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) memprediksi Puncak Musim Hujan dan cuaca ekstrem di Indonesia sekitar Januari hingga Maret 2020. 

Apalagi musim hujan identik dengan banjir, banyak genangan air kotor dimana-mana. Ini yang bikin nyamuk suka bersarang dan berkembang biak dengan cepat. Lembaga Kesehatan Dunia WHO menyebut banjir secara tidak langsung dapat menyebabkan peningkatan penyakit yang ditularkan melalui vektor atau hewan pembawa penyakit, misalnya lalat, kutu, tikus, ular, siput air tawar, dan nyamuk.
https://panduanbunda.com/

Aku sebagai Ibu baru yang memiliki satu anak, butuh informasi ter update yang cukup tentang segala hal mengenai kesehatan anak dan keluarga. Untungnya sekarang ada panduan bunda yang memberikan informasi terupdate ke aku, bagaimana kita sebagai ibu memposisikan diri disaat dalam kondisi yang tidak diinginkan dalam arti an anak atau ayah nya sedang sakit, bagaimana penanganan pertama yang musti kita lakukan. 


1. Gejala DBD

Jangan angap remeh demam berdarah, tetap waspada, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dikutip dari website resmi Panduan Bunda, kenali 6 gejala yang muncul saat anak terkena DBD, 
di antara nya :
  • Demam Tinggi
Jika demam sudah mencapai 40oC disertai batuk, pilek dan badan yang mengigil, yang perlu bunda lakukan jangan memandikan anak, beri asupan makanan yang bernutrisi cukup, konsumsi air dalam jumlah banyak, berikan jus jambu buatan sendiri agar tetap higienis, jangan menyelimuti anak saat demam, kompres dengan air hangat kuku. Jika demam sudah melebihi batas sekitar 4 hari, bunda wajib memeriksakan si kecil ke dokter.
  • Muncul Bintik dan Ruam Kulit
Gejala DBD bisa terlihat dengan jelas dengan adanya kemunculan bintik-bintik merah, ruam pada kulit merata seluruh tubuh dan rasa gatal pada kaki. Ini terjadi karena virus dengue telah menyerang sistem pembekuan darah dalam diri seseorang. Bagaimana mendeteksi nya? cukup tekan area bintik merah dan usap, jika saat mengusap bintik merah tidak hilang, maka kemungkinan besar seseorang terkena DBD, jika hilang, maka itu bintik merah iritasi biasa.
  • Ada rasa mual dan penurunan nafsu makan
Anak saya memang ga suka makan? gimana deteksi nya? bisa di deteksi dari gejala mual yang muncul terus menerus, jika muntah terjadi dalam kurun waktu yang sering, kemungkinan virus sudah menjalar lebih kuat dalam tubuh. perlu di waspadai saat sudah masuk fase muntah darah berwarna hitam seperti kopi, langsung di bawa ke rumah sakit.
  • Sakit Kepala
Setelah muntah secara terus menerus, kemungkinan anak akan merasakan lemas, lunglai dan akhirnya sakit kepala. Coba berikan asupan buah yang lebih dari biasa nya, lebih baik buatkan anak mix jus (perpaduan beberapa macam buah-buahan jadi satu) untuk membantu meningkat kan daya tahan tubuh nya yang hilang.
  • Terasa Nyeri di bagian belakang mata, sendi, otot atau tulang
Karena daya tahan tubuh sedang diserang dengan virus dengue, mengakibatkan terjadinya nyeri di bagian otot dan tulang. Pijat lembut di area sendi dan istirahat yang cukup.
  • Mimisan/Gusi berdarah
Gajala DBD bisa menjalar ke seluruh tubuh temasuk terjadi nya pendarahan dari hidung atau gusi. segera bawa ke dokter, karena ini sudah masuk kedalam fase yang mengkhawatirkan.


 2. Penangan Pertama Bunda

Sebenarnya Demam berdarah bisa datang kapan saja diluar dari musim hujan. Antisipasi termudah adalah selalu cek rutin tempat-tempat yang sering tergenang air, contoh nya rutin bersihkan tempat dispenser air, tempat tirisan cucian piring dan sendok, bersihkan bak mandi, bersihkan got rumah, mengubur barang bekas tak terpakai, hindarin menumpuk barang terlalu banyak.

Di Panduan Bunda, kamu bisa ikutin solusi bunda activity, salah satu nya ada tips cegah si kecil terjangkit demam berdarah dongue, seperti :
  • Gunakan Lotion Anti Nyamuk 
salah satu cara pencegahan gigitan nyamuk saat berkaktifitas di dalam maupun di luar rumah.
  • Lakukan 3 M
Menguras bak mandi, Menutup penampungan air dan mengubur barang bekas.
  •  Selalu Sedia Obat Panas di rumah
Sebagai Antisipasi saat anak demam tinggi, aku selalu sedia obat panas seperti termorex dirumah. Buat jaga- jaga, jangan sampai anak demam step.


Tetap siaga menghadapi cuaca ekstrem dengan menyimpan kontak penting seperti : 
  1. Bantuan Khusus Banjir   :021 3459444
  2. Cek tinggi muka air        : poskobanjirdsda.jakarta.go.id
  3. Cek info kondisi Cuaca  : bmkg.go.id
  4. Posko Bencana Alam     : 129
  5. PLN                                : 123
  6. Ambulans                       : 118/119
  7. Pemadam kebakaran      : 113
Butuh Informasi lengkap tentang pencegahan demam berdarah atau 
informasi lain nya yang wajib bunda tau? 
yuk bisa langsung cek website panduan bunda klik disini wesite Panduan Bunda
jangan sampai ketinggalan informasi terbaru hanya di panduan bunda, 
bunda bisa follow :
instagram @panduanbunda
Facebook PanduanBunda
Twitter PanduanBunda

Fyi bun, Selain dapat Informasi terupdate dan terpercaya, bunda juga bisa berkesempatan menangin hadiah yang diadain paduan bunda, karena panduan bunda sering ngadain giveaway dan kuis.. menarik banget , sayang buat di lewatin. Ilmu dapet, keluarga sehat, hadiah dapet..
wuah lengkap banget !! 

22 comments

  1. Wah iya, lagi musimnya banyak penyakit nih. Udah ada tetangga kena DBD jd mesti banget jaga kesehatan.

    Btw, ternyata ada website panduan bunda ya? Kepoin ntar ah, thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  2. Ih bener banget nyamuk paling berbahaya daripada hewan buas lain ya. Apalagi saya tipe kulit sensitif terhadap gigitan serangga.

    Sudah sering dengar website panduan bunda memang banyak manfaatnya ya untuk kita.

    ReplyDelete
  3. Bagus bagus ya konten dari Panduan Bunda. Apalagi soal kesehatan nih ya, lagi butuh banget kita semua terutama biar bisa protect keluarga

    ReplyDelete
  4. mashaa Allh informatif dan sangat bermanfaat terimakasih mbak harus makin aware lagi nih sama kesehatan dan kebersihan

    ReplyDelete
  5. Iya banget ini.. kita harus selalu waspada ya.. apalagi kita tinggal dinegara tropis yang sangat banyak kuman dan bakteri tinggal, ngga ada salahnya kita selalu waspada terhadap kuman penyakit apalagi penyakit DBD ya mbak

    ReplyDelete
  6. bicara tentang DBD ini memang menakutkan banget. Apalagi saya tingga di daerah raw ayang banyak nyamuk (banjarmasin semua rumah di atas rawa kecuali ditimbun semua). Semoga sehat-sehat saja dengan berbagai pencegahan yang bisa kita lakukan

    ReplyDelete
  7. DBD ini selalu menghantui setiap tahun ya mbak. Aku inget banget, teman-temanku pada kena DBD tahun kemarin. Serem banget meskipun cuma gigitan nyamuk. Harus jaga kebersihan banget ini biar gak sampai terjangkit DBD.

    ReplyDelete
  8. Yap bener banget emg harus waspada sm demam berdarah.. Selain itu batuk pilek jg makin merajalela sejak musim penghujan ini.. Kita harus selalu menjaga kesehatan, makan yg sehat, menjaga kebersihan diri, dan jgn lupa minum multivitamin..

    ReplyDelete
  9. Baca tentang DB ini, memang kudu waspada garis keras. Apalagi ini musim hujannya lagi lumayan tinggi, nyamuk pun ikutan bermunculan.

    ReplyDelete
  10. Nah ini, saya setuju banget
    Kita ribut virus corona sehingga lupa banyak Penyakit lain harus diwaspadai, salah satunya DB
    Semoga kita selalu sehat ya

    ReplyDelete
  11. ya mbak, musim pancaroba seperti skarang ini harus menjaga badan dan pola hidup serta lingkungan agar jauh dari segala penyakit

    ReplyDelete
  12. Kalau musim hujan tuh bikin was was banget deh, ya cemas banjirnya, ya cemas juga dengan penyakit2 yang bisa timbul setelah ini. Duuh, semoga kita dijauhkan dari penyakit ya Mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Iya nih kita jangan panik dengan corona saja, DBD ini juga harus jadi perhatian karena pada dasarnya setiap penyakit hatus di waspadai ya

    ReplyDelete
  14. Musim hujan dan panas yg belum stabil ini bikin waswas ya mba, di rumah selalu membiasakan 3M, dan baru Minggu lalu komplek melakukan fogging. Semoga kita sehat selalu yaa

    ReplyDelete
  15. kalo aku siy musim hujan atau gak selalu melakukan 3M, biar rumah gak ada nyamuk, sebel juga gatel dan bentol2 digigit nyamuk hahah

    ReplyDelete
  16. Udahlah musim hujan plus lagi wabah Corona, kita memang sekarang harus lebih rajin memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan kita ya mba, semoga kita sehat selalu

    ReplyDelete
  17. Pantes banget mba, ada banyak nyamuk di rumahku
    berarti aku kurang merawat kebersihan nih ehhehe
    nyamuk yang itu lho hitam putih gitu, masak pagi-pagi gitu dia gigit
    Kudu 3M nih aku.

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah di rumah jarang ada nyamuk
    biasanya aku semprot kamar kalau mau pergi kerja (maklum tinggal sendiri jadi enak ngosongin rumah)

    aku sangat insecure sama DBD, udah pernah 2x kena, jadi harus sangat2 jaga kesehatan

    ReplyDelete
  19. Keluarga aku pernah mengalami DBD. Sampe trombositnya turun banget. Dari situlah saya selalu menjaga rumah dengan semprot nyamuk sebelum tidur

    ReplyDelete
  20. bener nih musim hujan dbd yang menyerang :) hehe

    ReplyDelete
  21. Kemarin ditempat ku ciputat ada 20 pasien DBD, informasi ketutup karna corona sedih

    ReplyDelete
  22. DBD bahaya juga kalo ga ketulungan bisa kelewat, abangku kmrn sempet gejala DBD

    ReplyDelete