Powered by Blogger.

Tumbuh Kembang Si Kecil Adalah Segalanya

Hai Assalamualaikum..

Alhamdulillah sudah masuk akhir tahun, bentar lagi 2019 waktu sekarang berputar cepet banget.
tau-tau udah sore aja, baru kemaren weekend, udah ketemu weekday lagi.
terlalu menikmati hari-hari, sampai lupa ini tuh hari apa yah..
semua hari buat aku sama, sama indahnya kalau sama kamu.. eaaeaaa..
ini cuma aku aja yang ngalamin, apa semua orang ngerasain hal yang sama kaya aku yah ?

ga terasa anak perempuanku sudah 16 bulan sekarang, bentar lagi masuk SD, duh !
lagi masa nya ga bisa diem, semua hal dipegang, dicoba, dimasukin mulut, ga ngerti takut, bahaya, semua di terjang sama dia.

sekarang udah jadi seorang ibu, yang dipikirin ga diri sendiri aja. musti pinter-pinter bagi waktu kerja dan waktu bermain sambil belajar sama si cantik, karena dia lagi dalam masa golden age. Aku ga mau ngelewatin moment penting ini gitu aja.

tipe anak ku cepet bosen, jadi aku mengsiasatinya dgn banyak aktifitas fisik seperti :

Yang Pertama, Take and gift

ngajak anak meminjam suatu benda sambil mangil namanya.
contohnya yah (semoga yang baca paham) hehe..

 B : ''Ini buat nabilah.. (ceritanya ngasih pinjem mainan ke dia)
 N : (Otomatis dia akan nerima barang yang kita kasih )
 B : Eits.. pake tangan kanan nak ambilnya :)
 B : ''Makasi Nabilah, sambil senyum 

( padahal kita yang ngasih yah, seharusnya nabilah yang bilang makasi hehe..
krn ceritanya aku lagi ngajarin dia, jadi kita duluan yg bilang makasi, dan bisa jadi latihan otot tangan untuk menahan benda yang digenggam, latihan daya ingat (kalau dipinjemin barang itu, bilang terima kasih pakai tangan kanan sambil senyum) dan aku juga ngajarin, kl dia namanya Nabilah.
Awalnya dia bingung, tapi lama kelamaan dia paham.

Yang Kedua, Duduk

aku selalu ngajarin anak ku kalau mau beraktifitas mau itu baca buku, makan, minum itu harus duduk (ini sederhana, tapi menyenangkan buat mereka ).

Yang Ketiga, Main Bola

Walaupun anakku perempuan, aku tetep ngajakin dia bermain bola. karena permainan bola bisa untuk latihan berdiri (keseimbangan badan), latihan otot tangan dan kakinya, seluruh badannya bergerak.
biasanya kalau weekend, si kecil main bola sama ayah nya. itung-itung olahraga buat ayahnya, bundanya shopping dulu hehe

Yang Keempat, Permainan Tangan

bermain cilukbaa, tepuk tangan, salim dengan orangtua dan tos (hai5) juga cukup seru dan sering kita lakuin. selain bisa melatih motorik anak, kita juga mengajarkan berekspresi dan menanamkan nilai sopan santun. Anakku kl lagi bete, ga turutin maunya, aku ajak nyanyi balonku dan tos (hai5) moodnya langsung girang lagi, gampang banget yak :)

Yang Kelima, Finger Food

Disini aku melatih motorik halus. aku ajak anakku ambil sendiri potongan buah, snack atau sayuran yang sdh ku siapkan di piring atau mangkuk.

coba deh moms kasih cemilan kaya boromon dari monde, anakku seneng banget dikasih cemilan ini. rasanya enak, bentuknya mungil, imut kecil-kecil dan lembut. nah kalau lagi jalan, aku ga lupa bawa cemilan boromon ini, selain praktis, sehat, aman buat anak, halal dan ga blepotan di baju hihihi..

nih aku kasih tau tampilan bungkusnya, biar ga salah beli moms




ini nama nya Monde Boromon Cookies. Cookies sehat dan bergizi cocok untuk anak usia 1- 5 tahun. Bahannya terbuat dari tepung kentang dan campuran madu, minyak ikan. yang lebih penting, monde boromon cookies ini HALAL dan bebas gluten moms.

(kemasannya aja nge gemesin..apalagi isinya, lah salah fokus emak nya)


*(serius banget neng nyemilnya)

oia moms, kotak boromon ini aku daur ulang lagi, ga langsung aku buang setelah makanannya habis. bisa dipakai untuk mainan anak, seperti aku ngajakin anak ku disusun tingkat keatas menyerupai gedung atau kotak boromon disulap jadi pin bowling terus dilempar pake bola. sekali coba yang baru mereka pasti tertarik banget dan bisa jadi peluang mengasah motorik si kecil. itung-itung hemat budget buat beli mainan baru :)







Yang Keenam, main dorong-dorongan

kadang mainan udah dibeliin bagus-bagus, yang dimainin malah yang lain.
Di beliin mainan dorongan, tapi realita nya yang dimainin malah galon air atau jemuran handuk.
ya gapapa deh, yang penting bisa jadi latihan motorik kasarnya dan rasa happy ke nabila.

Yang KeTujuh, Membersihkan mainan

nah.. ini paling super ngeberantakin everytime, everywhere.. cara mengsiasatin nya dengan hitung barang. selain mainan jadi rapi ini bisa ngelatih motorik halusya. anakku suka ngebrantakin mainan, aku sengaja bersihin mainan didepan dia sambil dihitung satu-satu mainan yang masuk kedalam kotak. lama kelamaan dia perhatikan dan ngikutin gaya aku, BINGO kan moms :)

Yang Kedelapan, Gambar

yang baru baru ini, aku ngasih media kertas (buku) dan pulpen untuk digambar alias dicoret-coret. krn usia anakku msh 16 bulan, belum bisa dikasih crayon, jadi cukup pulpen dan kertas aja. Dia happy, serasa bebas ga dilarang coret-coret haha.. nah ini bisa dikategorikan latihan motorik halus dan latihan kecerdasan visual moms, krn cakupanya mengengam dan melukis, memegang.

coba dikreasikan aja moms, sesuai umur. kl buku kurang pas, coba pake kertas lebar ditempel di meja dan kasih crayon atau spidol warna warni.

atau kalau mau lebih aman lagi. pake media jus atau buah yang bewarna mencolok seperti buah naga, mangga, bebasin dia bersenang-senang dengan jilatin tangannya, Baju berantakan, mulut belepotan, wuah pasti surga banget buat dia.

Yang KeSembilan, Say 'Good Job'

Ga lupa nih aku selalu bilang.. GOODJOB setiap dia berhasil melakukan hal baik.
Jadi dia tau kalau tindakannya itu bagus, kedepannya dia lebih semangat untuk berbuat baik lagi.
setiap aku bilang goodjob, anak ku pasti tepuk tangan dan senyum :)

Karena ada banyak hal seru dan sederhana yang bisa kita lakukan bersama anak. Ga perlu budget mahal , cukup luangin waktu dan sedikit kreatifitas aja moms. Sekarang zaman udah canggih banget, ini itu hampir ada di dunia internet. Cari ide mainan homemade. Kalau bisa ajak ayahnya untuk ikut serta dalam kegiatan latihan motorik halus dan kasar biar si kecil semakin cerdas dan merasa lebih dekat dengan kita.

Selamat Bersenang senang :)







Menjadi Spesial ❤


Menjadi Spesial ❤

yuk berusaha lebih dari standar yang ada.
yuk berkreasi positif yang menjadikan kamu menjadi istimewa untuk dirimu dan orang sekitar.
negara ini butuh banyak orang kreatif. 
keluarlah dari zona nyaman, karena kadang zona nyaman bikin kita ngelakuin rutinitas itu itu aja. sampai lupa menikmati hidup yang berwarna..
keluar dari zona nyaman memang ga semudah yang dipikirkan, tapi bikin otak kita berputar terus.

Jadi spesial bukan karena orang lain tapi karena diri sendiri. Hidup hanya diberi kesempatan sekali, gunakan sebaik-baiknya, banyakin berbuat baik dan pahala kesemua orang :)

Beberapa dari kita stop berkreasi, berbangga diri hanya karena kita berhasil memenuhi apa yang kita sebut sebagai standard.

Padahal pemenuhan standard hanya pantas mendapatkan penghargaan standard.

Hanya saat kita ISTIMEWA, alias lebih dari standard, baru timbul hak ISTIMEWA!

yuk intropeksi diri..

BE SPECIAL ❤
Have a positive day!

nge jus yuk !

haloo.. postingan kali ini mau ngajakin kamu buat nge jus bareng sehat bareng :)

kalau bisa setiap pagi minum jus didampingi roti bakar atau nasi olahan favorite..wuih nikmat banget hidup, selain air putih, jus termasuk pendamping baik dipagi hari mu..

aku termasuk orang yang males ngunyah buah, tapi pengen makan buah.. nah makanya aku buat caranya lebih asik, aku jus aja.. selain simple, cepet, ga ngabisin waktu dan bisa langsung 3 buah sekali konsumsi. 

buah favorite buat di jus.. buah alpukat, buah mangga, buah jambu, strawberry, pepaya, melon..

sekarang zamannya udah cangih, blender sekecil apa juga ada sekarang, tinggal klik beli di online.. beres :) lebih nikmat kalau jus bikin sendiri dibanding beli jadi, karena gulanya alami.. kadang kalau beli, suka pake pemanis, yaaa ga sih :( 

anak ku lebih suka minum jus, makan buah dibanding makan nasi. bagus sih.. tapi kadang rada aneh, terus browsing2.. katanya selama anaknya baik2 aja dan di atur pola makan buahnya malah lebih baik ketimbang dia konsumsi nasi.. Alhamdulillah sehat yah nak :)

ga pernah nolak kalau dibuatin jus buah, haha cuma kalau sudah bosen sama jus.. aku bisa ganti menu sama sop buah atau es buah, ga kalah endesss maak.. pengen buru2 bikin :)

yuk mulai hidup sehat dari hal terkecil yang ada di sekitar kamu, sehat itu simple dan asik.

berusaha

saya banyak belajar dari anak saya sendiri yang masih bayi. awalnya sebelum bisa jalan, dia belajar tengkurep dulu, terus merangkak mundur, merangkak maju, mencoba merambat, mencoba jalan pelan pelan.. jatuh lagi, bangun lagi.. jalan, jatuh lagi jalan lagi ga ada capenya sampe akhirnya Alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar sekarang. 

ini mungkin yang dinamakan usaha. usaha bayi untuk bisa berjalan stabil. dengan berbagai rangkaian dan ga instant baru lahir sebulan langsung bisa jalan. saya salut sama bayi, ga kenal yang namanya sakit karena jatuh mulu, cape, lelah apalagi ngeluh.

pas jatuh juga, ga ada ngeluh 'aduh'.. karena belum bisa ngomong :))

yang dia tau coba terus, coba terus sampai bisa dan dia menikmati proses jatuh bangun itu loh.. 
salut sama Nabilah, ya Allah nak, masih kecil udah bisa jadi guru kehidupan, makasi ya nak bunda salut hehe :)

jadi inget.. winston Churchill berkata 'bukan kepandaian dan tenaga, melainkan usaha yang membuka berbagai potensi'

ayoo.. kita kejar impian kita :)

sabar unlimited

saya menerjemahkan unlimited itu dengan tiada batasan alias bebas. banyak provider internet berbondong-bondong memberikan promo besar-besaran untuk internet. karena di zaman sekarang, sebuah alat komunikasi, mau itu bentuknya handphone, laptop bahkan tv butuh internet. internet yang paling dicari masyarakat adalah yang murah, ga ribet dan unlimited. 

begitupun dengan sabar, sabar unlimited itu ternyata perlu loh. ga cuma internet aja yang unlimited :) 
banyak yang cari? iyah.. banyak banget, apalagi yang masih jomblo, pasti gebetannya nyari pasangan yang sabar eaaaa..
saya pernah denger, orang bilang :

'udah abis kesabaran saya'
'sabar itu ada batasnya !'
'jangan mainkan kesabaran saya yah!'
'orang sabar diinjek-injek'

lah pie iki?

pada prinsipnya, Allah tidak diam, Allah Maha Melihat, Allah mencintai orang sabar dan orang yang sabar adalah orang yang paling dekat dengan Allah.

se simpel itu kah implementasinya dengan realnya? insyaAllah iya, saya pribadi sedang menjalankan nya, sulit? iya.. tapi niatkan untuk kesehatan tubuh, hidup hanya sekali, saya mau bahagia dunia akhirat, yuuk sama sama kita berubah :)

saya sharing sedikit, yang saya tau manfaat dari sabar unlimited.
  1. hidup lebih damai, banyakin senyum dan bersyukur.
  2. jauh dari penyakit yang aneh-aneh.. karena sumber dari penyakit datangnya kebanyakan dari pikiran. tapiii tetep musti olahraga yah gaes, jangan krn ngerasa jadi orang paling sabar, eh ga olahraga..samimawon gaes :)
  3. pikiran sama tubuh lebih tenang.
  4. nikmati prosesnya, setelah ikhtiar, berdoa minta sama yang Maha Kaya Allah Swt lalu bersabar, pelan tapi pasti.
jadi sabar itu kita berusaha bersungguh-sungguh, tapi hasil kita gantungkan kepada Allah Swt.

tips kuh buat kamuh :


''kalau udah ga sabaran, ambil wudhu atau mandi gaes, tarik napas panjang dari hidung, buang pelan pelan dari hidung juga, ambil minum air putih dan tutup mata..
ciluuukk baaa wkwkwk''

HAVE A POSITIVE DAY !

Hal Penting yang Perlu diketahui dari Manfaat kemben 40 Hari Pasca Lahiran Normal

Dikeluarga ku adat kembenan pasca lahiran masih dipake banget. Ga cuma itu tradisi Minum jamu, pake kapur sirih ditaro dijidat dan diperut, tidur ga boleh melekuk kakinya, jalan musti pelan pelan kaya putri solo, banyakin makan buah dan sayur. wuahh pokoknya super banget, seperti mau persiapan bulan depan jadi miss universe :) tapi emang bener yah.. orang dulu tuh sarannya oke loh, jangan diangap sepele, walaupun orangtua bawel banget..Alhamdulillah ada hasilnya.. Anak boleh punya, udah ada buntut tapi body masih kaya anak kuliahan :P

jadi cerita singkat.. aku nyari jamu buat 40 hari yang khusus buat pasca melahirkan. nyari ngudek ngudek seantero tukang jamu, gak ketemu. mereka bilang udah ga produksi lagi, pabriknya udah bangkrut. trs aku nyari ke online store, nemu sih.. cuma yah gitu, rada takut belinya.. karena urusanya sama jamu, kepikiran takut expired, ga jelas komposisinya dll.

usahaku ga berakhir disitu, akhirnya minta bantuan nyokap buat bikin jamu sendiri sebisanya nyokap :D pokonya percaya aja deh kl nyokap yang buatin, aku rutin minumnya..sambil tetep kemben ga ketingalan :D jamunya itu komposisi antara kencur, sirih, dan kunyit. 

cara buatnya ? 
  1. sediain kencur, kunyit, sama sirih yang udah di cuci bersih dan dikupas.
  2. diparut atau diblender ( kunyit dan kencurnya).
  3. daun sirih yang udah bersih diperes, diambil airnya (pake air mateng yah).
  4. dikasih gula merah dikit (yang udah di cairin) biar ga anta/pait banget.
  5. kunyit dan kencur yang udah diblender (pake air bersih) dicampur sama air daun sirih dan air gula merah.
  6. jamu enak siap diminum, jangan lupa baca doa dulu :)
optional bisa dimasak jamunya atau ga dimasak juga boleh. kl aku ga dimasak, tapi jangka waktunya cuma 4 hari. kl dimasak sekitar 20 menit aja, jangka waktunya bisa tahan seminggu.

kl untuk urusan kemben, aku punya turun temurun dari orangtua. tapi sekarang udah banyak yang jual kemben buat pasca lahiran. nah pas dikemben, perut aku dibalurin kapur sirih dlu baru dikemben kenceng.fungsinya kapur sirih itu ngebantu biar perutnya ngiket sama kembennya. biar ga meleber :D