Powered by Blogger.

Cegah Stunting Pada Anak Dimulai Dari Asi Berkualitas dan Bernutrisi

Assalamualaikum

Sempurna lah sudah kebahagiaan seorang ibu ketika bisa melahirkan, menyusui si kecil dengan lancar setelah melahirkan. Ekspetasi Asi lancar, no drama, no puting lecet, no bengkak PD. Ternyata Realita nya tak selancar ekspetasi ferguso..


Banyak rintangan yang harus dilewati seorang ibu saat ingin menyusui si kecil. Mulai dari memikirkan asi seret, asi gak lancar, puting lecet berdarah, asi tersumbat yang berakhir dengan PD bengkak, nyeri, panas, badan mengigil.


Cerita sedikit yaahhh tentang menyusui..


Cerita Dimulai dari melahirkan anak pertama dgn proses normal dan ada sedikit jaitan. Aku sebagai ibu baru yg blm pnya pengalaman tentang dunia anak. Semuanya ilmu baru buat aku.


Kehidupan Berubah drastis, mulai dari pola tidur, manajemen waktu dan banyak lagi.


Termasuk urusan menyusui, cuma berbekal percaya diri, yakin sama Allah Swt sang pencipta, anak ku ga akan kelaparan, Allah Swt udah setting semua ibu untuk bisa menyusui anaknya. urusan keluar banyak atau dikit itu juga udah di setting sama Allah Swt sesuai kadar perut bayi. 


Aku tingal ikhtiar memberikan ASI terbaik buat anak. Dengan cara makan makanan yg bergizi, minum air putih sekitar 13 cangkir atau 3.1 liter dan minum suplemen seperti Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold.


Pengalaman menyusui anak pertama itu luar biasa buat aku, ga akan bisa dilupain. Hehe.. Puting PD sempet lecet, berdarah sampai kebelah tapi harus tetep nyusuin si kecil.. jadi setiap nyusuin, selalu meringis kesakitan, tutup mata nahan sakit. kondisi ga nyaman kaya gini berlangsng sampai 2 bulan. 


Jaitan blm sembuh, perut musti pake korset, setiap pake baju selalu sakit, krn PD kena gesekan kain baju, sampe aku ga bisa pake BH, karena PD bedarah itu.. ditambah lagi malem nya begadang, karena pola tidur si kecil masih penyesuaian. Aku sampai ngerasa paling sengsara sedunia. Hehehe.. 


Aku coba konsultasi ke dokter anak, aku ceritain semua masalah menyusui, waktu itu juga BB anakku naik nya dikit-dikit, ternyata salah satu faktor yang bikin PD aku lecet adalah posisi menyusui yang salah dan anak ku ada tong tie+liptie (faktor genetik).


Aku coba rembukin sama suami, tong tie + liptie nya mau diambil apa gak. Mengingat tongtie + liptie yang anaku alami mempengaruhi BB nya, akhirnya bismilahirahmanirahim kami memutuskan untuk diambil, untuk kebaikan jangka panjang si kecil.


Ibu ku nyaranin anak ku dikasih sufor (susu formula) , sampai puting PD sembuh.. tapi aku tetep kekeh ga ngasih anak sufor. Keliatannya agak keras kepala, tapi semua ada hasil nya. hehe


Aku ga pake salep sama sekali saat puting lecet, obatnya cuma ASI.


Jadii rumusnya.. sebelum aku nyusuin, aku olesin puting sama air ASI, setelah selesai nyusuin, aku olesin lagi puting sama air ASI. begitu terus sampai Puting Sembuh dari lecet. 


Alhamdulillah luka lecet cepet kering dan cara ini lebih aman untuk si baby juga saat nyusuin.

Sejujurnya cuma suami yang percaya dan ngeyakinin aku banget, kl aku bisa ngasih ASI terbaik buat anak. Saat banyak orang gak percaya sama ASI aku, bilang ASI aku seret, ASI aku ga banyak, Ga cukup, Anaknya kurus kl cuma dikasih ASI. Semua terkalah kan dengan dukungan suami. 


Alhamdulillah lagi setiap kesabaran, pasti ada hasil manisnya.. aku bisa ngasih ASI 2 tahun untuk nabilah, tumbuh gigi anakku lebih rapi dan anaku jarang sakit.

I Lope you ayaaah, you thebestbanget lah 😘😘

 



Tips sukses Menyusui ala Roschendy :

1. Harus PD (Percaya Diri), yakin sama kemampuan diri sendiri kl kamu bisa ngasih ASI yg terbaik buat si kecil.

2. Makan makanan bergizi, buah2an diperbanyak, seperti pepaya, alpukat atau pear. Makan Sayuran seperti, daun katuk, bayam atau sop ayam. jangan takut gemuk. Nyusuin malah bikin badan jadi ideal loh bun. Konsumsi kacang2an dan minum air putih yg dianjurkan 3 liter sehari.

3. Perbanyak baca referensi manfaat menyusui, dengan begitu.. bunda akan lebih semangat memberikan ASI yang terbaik buat si kecil.

4. Konsumsi Blackmores saat menyusui agar kualitas ASI semakin bagus. Selama menyusui aku juga konsumsi blackmores, menurutku ASI jadi lebih kentel dan setiap tetes ASI sangat berarti buat perkembangan si kecil.

5. Jangan menyerah saat PD mu lecet, tetap menyusui si kecil. Tahan sakit, kalau udah dapet predikat ibu harus KUAT, TAHAN BANTING, TAHAN SAKIT. 

aku dulu PD lecet, kebelah tetep nyusuin si kecil, sakit? Iya pasti.. kl ditanya rasanya apa? Luar biasa nikmatnya..

6. Konsisten menyusui, jarak waktu menyusui 2-3 jam, semakin sering si kecil menyusui, maka semakin deras ASI yang akan dihasilkan.

7. Bunda Harus Happy, kalau bunda happy, produksi ASI akan meningkat. Sebaliknya bunda sedih atau stress, produksi ASI akan menurun. Gimana biar tetep happy? Lakukan kegiatan yang bunda sukai, atau jalanin hobby sambil mengurus anak atau makan makanan kesukaan bunda.

8. Lakukan pijatan pada titik di pungung, lebih bagus lagi kl suami yg pijitin. Krn ini ngaruh banget bisa meningkatkan produksi ASI 👍

9. Omongan Orang hanya seujung lidah, jangan terlalu mikirin ocehan, penilaian orang tentang ASI bunda. Teruslah berjuang buat si kecil, berikan ASI yang terbaik dan stay positif thinking 👍


Seberapa Penting kah ASI ?


Masih Banyak yang menyepelekan pentingnya ASI buat Pertumbuhan Anak. Aku pribadi merasakan dampak positif yang luar biasa aku dapat dari pemberian ASI selama 2 Tahun. Anak ku jadi ga gampang sakit, daya tahan tubuh nya lebih kuat, tumbuh kembangnya lebih stabil, anak lebih cepat menyerap ilmu di sekitarnya. Kl dari segi ibu nya, dampak dari menyusui, BB ku lebih proporsional dan lebih fit.

 


Sumber gambar : pinterest


Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Makanya aku fokus banget sama kandungan ASI buat anak, ga asal nyusuin. Dari Awal nyusuin anak pertama aku udah minum Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold Setiap hari. Asi jadi lebih banyak, berkualitas, bernutrisi dan lebih kentel. 





ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanannya agar dapat memberikan ASI yang bernutrisi. 






Usia 1 Bulan BB anak ku sudah 5.2 Kg



Usia 1 Bulan 10 Hari BB anak ku sudah 5.5 Kg



Salah satu ciri ASI yang bernutrisi yaitu memiliki warna kekuningan atau putih pucat, dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup, sebaiknya ibu menyusui juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap seperti Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold untuk dapat menghasilkan ASI bernutrisi.


 

Kenapa aku memilih Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold untuk nambah nutrisi ASI?


Berawal dari lihat temen yang ASI nya melimpah dan anak nya sekel banget (gemuk berisi sehat), otomatis aku nanya.. 

Aku          : anaknya dikasih campuran sufor atau ASI aja?

Temen      : cuma minum ASI aja ko

Aku         : ko bisa sekel (gemuk berisi) gitu ya bayi nya, dikasih apa?

Temen     : Aku minum Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold dari hamil sampai sekarang menyusui.

Aku          : Ooo.. gitu.. baeqlaahh...


Lansung dong, cari tau lebih lanjut apa itu Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold dan tanpa pikir panjang aku langsung beli. Sekarang Aku jadi pengguna setia Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold sampai anak ke 2 ini.

 




Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold mengandung 17 nutrisi esensial seperti asam folat, zat besi (berasal dari besi fumarat yang tidak menyebabkan kostipasi), tinggi DHA (tanpa mengakibatkan mual), tinggi kalsium, Odourless fish oil, vitamin dan mineral lainnya. Bisa membantu memenuhi nutrisi ibu dan si kecil selama hamil hingga menyusui. 


Dosis yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan dosis ibu hamil dan menyusui di Indonesia tidak berlebihan sehingga aman dikonsumsi. 


Kandungan nutrisi dalam Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold bisa mendukung perkembangan bayi di masa 1000 hari pertama kehidupan.


Nah buat ibu-ibu yang mau nyoba minum Blackmores Pregnancy dan Breast Feeding Gold, tersedia dalam botol isi 60 kapsul, 120 kapsul, yang terbanyak isi 180 kapsul. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Diminum sehari 2 kapsul setiap hari.

 

Kemasan Sama, Isi Capsul yang Berbeda

Teliti Sebelum Membeli


Kembang Tumbuh bayi optimal dengan Asi Berkualitas dan Bernutrisi


Selain Pentingnya ASI untuk anak, ternyata ASI dan Stunting masih ada kaitanya. Dengan memperhatikan kandungan ASI dari awal menyusui, bisa mengurangi resiko stunting pada anak. 


Stunting adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur. Kondisi ini di ukur dengan panjang atau tinggi badan yang lebih dari minus dua standar deviasi median standar pertumbuhan anak dari WHO. Balita stunting termasuk masalah gizi kronik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Balita stuting di masa yang akan datang akan mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal. (Dikutip dari https://www.kemkes.go.id)


ASI Eksklusif merupakan salah satu cara untuk memastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi. Manfaat ASI Eksklusif telah terbukti membantu anak untuk mendapatkan asupan gizi yang mencukupi hingga meminimalkan risiko terjadi stunting pada anak.


http://promkes.kemkes.go.id/


Sumber : Kementerian Kesehatan RI


Kalbe Blackmores Nutrition dan Yayasan Bumi Sehat





 

Dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020, Kalbe Blackmores Nutrition dan Yayasan Bumi Sehat (organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layaktelah bermitra sejak tahun 2017 melakukan serangkaian kegiatan untuk membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu bagi buah hati yang istimewa, ujar Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition.


Penghargaan yang di raih oleh Blackmores






 

Ga usah diragukan lagi, kenapa aku milih Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) sebagai produk terpecaya tidak hanya bagus untuk kandungan nutrisi ASI, Kandungan 17 Nutrisi Esensial juga bagus untuk Ibu Menyusui karena :

    1. Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia.
    2. Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu.
    3. Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit.
    4. Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
    5. Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui. Sehingga Ibu dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati yang istimewa.





    Apalagi sekarang virus corona belum ada obat paten nya, menjaga daya tahan tubuh dan kualitas ASI adalah hal yang utama untuk jangka panjang. Menjaga Pola Hidup, Pola Makan dan Minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap Hari, bisa membantu menjaga kualitas ASI, menyusui pun tetap lancar tanpa rasa khawatir.




    ''Untuk Ibu menyusui di seluruh dunia, berbahagia lah bisa menyusui, berikan ASI yang terbaik untuk si kecil, jangan lupa untuk selalu bahagia, ibu bahagia anak pun bahagia, selalu bersyukur setiap tetes ASI yang ada, Selamat mengASIhi''.



    Beli dimana Blackmores?

    Untuk Menjamin keaslian dan kualitas, Blackmores Bisa di beli di e-commerce Tokopedia,
    Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.
     







    Jangan Lupa Follow Instagram Blackmores untuk info terupdate seputar kesehatan dan Produk Blackmores






    Website Blackmores

    15 comments

    1. akk, jadi pengen hamil lagi *eh xD aku juga dulu selama hamil dan menyusui minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini :D gede ya pilnya haha, tapi kandungannya juga gede, banyak maksudnya ^^ aku dulu cuma 1x sehari aja minumnya, hehe..

      ReplyDelete
    2. Jadi ingat perjuangan menyusui anak pertama yang penuh drama. Dan Blackmores ini nggak pernah absen kukonsumsi untuk menambah nutrisi pada ASI.

      ReplyDelete
    3. PEngalaman aku menyusui anak pertama juga sampai panas dingin dan puting lecet selama 5 hari. Ehh tapi saat itu belum pakai blackmores. Bahkan anak kedua juga blm pakai tambahan nutrisi blackmores. PAdahal penting ini nutrisi buat bumil bususi ya. Hmm...apakah di anak ke tiga nanti? Entah kapan rencana hamil lagi hehe

      ReplyDelete
    4. Wah nambah ilmu lg nih buat bekal nanti abis nikah hehhee ternyata asi emg sepenting itu ya buat nutrisi anak

      ReplyDelete
    5. betul juga ya, untuk mencegah stunting kita sebagai ibu bisa memulainya dengan memastikan kandungan nutrisi dalam ASI kita terbaik deh, makanya ada suplemen kaya blackmores tuh bikin happy ibu-ibu karena bikin produksi asi lancar dan kandungan nutrisinya komplit

      ReplyDelete
    6. Semasa hamil dulu aku awam sama vitamin begini huhu Padahal banyak manfaatnya ya. Bener bener booster. Meski harus diseinbangin dengan nutrisi dari makanan juga

      ReplyDelete
    7. alhamdulillah
      saya juga minum blackmors

      ReplyDelete
    8. Well noted! Banyak banget pelajarannya disini kak yaampun sebagai perempuan yang akan menjadi ibu juga nantinya, seluar biasa itu ternyata:')

      ReplyDelete
    9. semangat ibuuuuu. Dibalik kesakitan seorang ibu saat menyusui anaknya, terdapat beratus-ratus pahala kebaikan. Beruntung sekali seorang Ibu memiliki kesempatan beramal yang banyak. Sebagai seorang yang masih single, semoga aku juga bisa merasakan hal tsb. Aaamiinn. Daaann aku inget nih vitaminnya, Blackmores. Banyak temenku juga pakai vitamin ini kak.

      ReplyDelete
    10. Hempaskan saja mom omongan orang.. mereka tuh gak bahagia sm hidupnya jadi ngurusin hidup org lain haha.. aku mau cobain blackmores juga deh nanti kalo hamil & menyusui insyAllah..

      ReplyDelete
    11. Ibu menyusui emang harus bahagia, wajib, kunci utamaku menyusui sih ini, always happy (walau kadang sih juga ada worry, sedih dan sebagainya kan manusiawi) tapi tetap harus happy dan keras kepala, PD kalau Allah ngasih kita ASI yang cukup tuk kebutuhan anak :)

      ReplyDelete
    12. Temanku waktu menyusui juga blacmores ini loh. Aku rasa menyusui itu memang harus diusahakan.

      ReplyDelete
    13. Kualitas ASI yang baik penentu tumbuh kembang anak di fase selanjutnya dan seterusnya yaa.. Makanya penting untuk menambah asupan nutrisi berupa suplemen

      ReplyDelete
    14. semangat mengASIhi, kebetulan pejuang AS, jadi semangat banget bacanya hihihi, blackmores oke sepertinya ya mbak.

      ReplyDelete
    15. Asi memang nutrisi terbaik ya buat anak. Bagus juga ya, kalau diimbangi dengan konsumsi Blackmores, jadi Asi nya lebih banyak dan tentunya sehat.

      ReplyDelete