Ramadhan 2013

by - Juli 09, 2013

Assalamualaikum


Alhamdulillah kita berjumpa lagi dengan bulan ramadhan tahun ini. Bulan penuh berkah, pokoknya penuh dengan keindahan.. pintu neraka ditutup jadi jangan sekali-kali dicongkel congkel yah !
dan pengumuman resmi puasa ditetapkan hari rabu 10 July 2013. Ada beberapa orang yang sudah memulai puasa dari senin atau selasa. semua sama saja tergantung kepercayaan dan keyakinan masing-masing. yang salah itu yang ga puasa samasekali :D

Dibulan ramadhan penuh berkah ini, pasti banyak acara rutin setiap tahun diadakan selama bulan ramadhan.  seperti sahur on the road, bukber (buka bersama), baksos, itikaf, silahturahmi dan lain lainnya dan seperti ditahun-tahun sebelumnya, tahun ini BISMA mau ngadain acara nih..eh udah tau belum BISMA itu apa?
yang belum tau nih gw kasih tau :D BISMA (Bina Senyum Sedekah Berjamaah) dipelopori oleh anak-anak muda yang kece kece dan penuh dengan rasa kepedulian (bahasanya :D) dengan lingkungan sekitar termasuk anak-anak yatim piatu. jadi anak muda jangan bisanya hanya foya-foya aja, ayoo care dengan lingkungan dan lakukan sesuatu yang indah dan berguna saat masih muda karena sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat :D buat kalian yang ingin berpartisipasi ke acara ini, yuu bisa liat dibawah ini :






yess.. biar puasa kita semakin berkah dan sehat, ada beberapa tips nih untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa jadi tetap menawan dan kecenya ga luntur :P seperti yang dilansir Ahlanlive.com ada 7 cara agar kita tetep sehat, bugar selama menjalani puasa, mau tauuu apa aja ? 

1. Tingkatkan cairan tubuh
Untuk menghindari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa, minum air putih ketika sahur dan berbuka saja sangatlah tidak cukup. Pilihlah minuman berelektrolit. Dan usahakan minum air sebanyak-banyaknya untuk menutupi kebutuhan air dalam tubuh Anda sehingga kulit dan tubuh tidak mengalami kekurangan cairan. Hal ini juga dapat membantu Anda melewati semua kegiatan dengan penuh semangat selama bulan Ramadan.

2. Olahraga
Meski tubuh sedang berpuasa, olahraga masih tetap dibutuhkan agar tetap bugar. Saat puasa, olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau setelah Subuh. Jenis olahraganya adalah olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi sekitar 30 menit, bersepeda selama 30 menit, atau aktivitas bergerak selama 15 menit. kalau ga sangup juga yoga juga bisa :)

3. Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur
Ketika Anda sahur, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan karena kedua makanan ini dapat memberikan kebutuhan gizi dan vitamin. Setelah sahur, sebaiknya Anda juga jangan buru-buru tidur dahulu karena bisa menghambat metabolisme dalam tubuh kita.


4. Sahur dan berbuka dengan menu yang sehat
Usahakan cukupi asupan gizi tubuh Anda selama menjalani ibadah puasa. Imbangi menu sahur dan berbuka Anda dengan menu makan yang seimbang, seperti lauk pauk, nasi, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Mengkonsumsi santan saat berbuka juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

5. Konsumsi vitamin
Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Namun, kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.



6. Hindari minuman seperti kopi dan minuman bersoda saat sahur dan berbuka
Saat sahur usahakan perbanyaklah meminum air putih. Hindarilah minuman bersoda dan kopi. Sebab, kopi mengandung kafein yang dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan sehingga Anda mudah terserang kekurangan cairan atau dehidrasi.


7. Istirahat yang cukup
Untuk menjalani semua ibadah di bulan suci Ramadan, Anda sangat memerlukan istirahat yang cukup. Berikanlah porsi waktu tidur yang pas agar saat pagi tiba anda masih bugar dan sehat untuk menjalankan hari-hari seperti biasanya.

selamat berpuasa :D





You May Also Like

0 komentar