skandal drama cinta 2 tahun

by - September 23, 2019

Assalamualaikum


Sering denger orang menyebutkan 'drama korea' kan?

yes, hampir 70% wanita indonesia menyukai drama korea, karena alur cerita.
Dan proses dramanisasi ini bisa kebawa sampai ke dunia nyata :)
eits, tapi kali ini yang aku bahas bukan drama korea film tapi drama menyapih anak, hehehe
lebih seru dibanding drama korea loh :)

Akhirnya, aku merasakan juga fase menyapih, seperti ibu-ibu yang lain.
awal punya anak, mikirin 2 tahun ko lama banget yah menyusui, ternyata setelah di jalanin, 2 tahun itu sebentar banget. Dengan lika liku cerita menyusui selecet-lecetnya, ASI dibilang seret, dan banyak lagi, Rasanya ga pengen pergi dari moment terindah ini sebagai ibu menyusui.




Sebelum hari H eksekusi, aku berfikir semua akan baik baik aja, ga ada yang gimana-gimana. 
no drama lah.

Setelah hari H datang, Jeng...jeng.. mewek bombay booo !

Berasa tuh disitu sedihnya, ga bisa nyusuin anak lagi seperti biasanya, payudara kenceng, musti di peres setiap hari dikamar mandi, meresnya juga sambil sedih. Jadi mudah sensitif alias baperan sama suami.

Efek sedih nya ga cuma aku yang ngerasain, tapi anak juga sedih. lebih sering rewel. karena peralihan dari susu ASI ke susu SAPI. lebih manjah kaya lagu sibad.



Setelah si neng pas 2 tahun, aku ga langsung bisa stop nyusui, itu berat banget rasanya, jadi aku kasih rengang waktu kira 2 hari setelah tanggal ulangtahun nya. memang dari awal udah biasain nyusuin sehari 1 kali diselingi sama susu sapi. tapi proses itu memang ga langsung bisa diterima anak. jadi harus tega !


Duh, drama dimana-dimana.. skrg musti pura-pura bobo dulu, baru si kecil ikutan bobo. Bangun tidur drama, tengah malem drama, sampai mau tidur juga drama. Anak ku ga mau tidur, mogok tidur tanpa nenen. tapi kalau siang, dia lupa karena efek main, ngeselin tapi sedih juga.

Alhamdulillah setelah 2 hari stop menyusui, secara ga langsung kita berdua kaya bikin komitmen. okeh aku ga nyusu lagi, tapi boleh nyium nenen bunda kan sblm bobo?
padahal anak ku blm lancar banget bicara, heheh
ini kaya percakapan batin antara bunda dan anak, wihhh dalem banget bahasa nya :)

Jadi tuh sekarang ritualnya bukan nenen lagi sblm tdr, tapi nyium bau emaknya atau nyium bau nenen, baru dia mau tidur. Alhamdulillah nya semua berangsur lebih baik, anak ku ga ketergantungan sama kaya gitu lagi. Si kecil kalau mau tidur, ya tidur aja. ga pake nyium-nyium bau, asalkan orang yang disampingnya ikut tidur, dan aku termasuk orang yang keikutan tidur kaya dihiptonis balik sama anak, bangun-bangun kaget kerjaan masih numpuk hehehe.

Zaman dulu, orang tua ngajarin nya, cara cepet buat menyapih adalah dengan payudara dikasih yang pait-pait, dikasih jeruk asem atau di bawa ke tukang urut di bacain doa, disembur. Waduh itulah pokoknya, Pernah denger cerita kaya gini kan?

Semua Balik kepada kepercayaan masing2 individu, dan cara menyikapi nya. Kita ga bisa bilang, kalau saran orang tua berikan kuno, itu zaman dulu, sekarang zaman now. Hati-hati ntar kualat loh :)

Saat aku ada dalam fase ini, yang ku butuhin adalah komunikasi 2 arah saling tatap muka sesering mungkin sama anak untuk bicara komitmen ini. Dan terpenting adalah percaya diri saat menyapih tanpa harus ada embel-embel seperti orangtua ku dulu, semua bisa teratasi :)

Tips dari aku, buat kamu yang akan menyapih anak :

  1. Sebelum masa menyapih itu datang, ada baiknya si kecil diberi tahu, jika sudah ulangtahun ke 2 , (sudah tidak boleh nenen lagi sama bunda yah), diulang terus begitu, sampai anak akan ingat dengan sendirinya. 
  2. Sudah tau mau ngasih anak susu apa penganti ASI, jangan dadakan kaya tahu bulet. Coba googling susu apa yang cocok buat si kecil.
  3. Sudah membiasakan anak saat menjelang 2 tahun untuk beralih minum susu sapi. max. 1 kali dalam sehari, agar terhindar dari drama yang berlebihan.
  4. harus TEGAAN. ini salah satu resep jitunya juga, harus tegaan. pejemin mata, Bismillah pasti bisa melewati fase ini.
  5. Siapkan amunisi makanan yang sehat, jadi anak akan berasa kenyang terus dan lupa sama nenen.
  6. Saat anak minta menyusui, jangan tolak mentah ya bun. Alihkan ke yang lain, ajak main atau ajak shopping (ini sih bunda nya yang teralihkan) :)
  7. Sabar ! Semua butuh proses, ga ada yang instan, jadi harap sabar, ini ujian.
  8. Jangan Baper, kalau kita baper, anak ikutan baper kan kasian. Baper ga usah ngajak-ngajak anak yah. Bunda musti strong!


pic by freepic

You May Also Like

0 komentar