hukum berpuasa ibu hamil dan menyusui

by - Mei 15, 2019


Assalamualaikum,
selamat berpuasa bagi yang menjalankan. 
pernah denger gak bumil dan busui ga boleh puasa?


di masyarakat kita saat ini masih banyak yang bingung tentang hukum bumil dan busui berpuasa.

untuk ibu hamil, harus memenuhi syarat yaitu kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat. tidak mengalami mual dan muntah, tidak ada gangguan makan. Biasanya dikatakan aman setelah menginjak kehamilan di atas 3 bulan. terakhir, ibu hamil perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk lebih memastikan kesehatan menyeluruh kondisi kehamilan nya.

''Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan keringanan untuk tidak berpuasa bagi ibu hamil' dan ibu meyusui'

saat hamil mau coba berpuasa, boleh aja di coba, tapi saat di pertengahan hari badan terasa lemas, gemeteran, keringat dingin, sakit kepala, lebih baik segera berbuka, jangan ada istilah sayang setengah hari. Aku pernah ngalamin ini dan rasanya ga enak banget, dari pada semakin bermasalah dengan janin, aku langsung segera berbuka puasa dengan yang manis hehe :)


Pengalaman ku tahun lalu, saat hamil anak pertama aku coba berpuasa selama 7 hari saja, selebihnya ga sanggup hayati, hehee.

ibu hamil yang memaksakan diri untuk tetap berpuasa padahal dia tau kondisi janin kurang sehat atau kurang nutrisi akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan janin atau berat badan lahir rendah.
lebih baik disarankan untuk tidak berpuasa dan mengganti nya di hari lain.

hal yang perlu kamu ketahui, jika dalam keadaan hamil atau menyusui tidak bisa berpuasa disebabkan khawatir terhadap diri nya dan bayi yang disusukan atau janin dalam kandungan , maka bisa diganti di hari lain tanpa harus membayar fidyah.

jika dalam keadaan hamil atau menyusui tidak bisa berpuasa, disebabkan khawatir terhadap bayi yang disusukan atau janin dalam kandungan , bukan khawatir karena diri nya, maka bisa diganti di hari lain dan harus membayar fidyah.




pic by freepic

You May Also Like

1 komentar