Powered by Blogger.

Toilet Training yang Mengharukan

Assalamualaikum

Selamat Tahun Baru 2020
Alhamdulillah, selamat datang di Tahun 2020
Semoga Tahun 2020 bisa lebih baik yah.. amin
tulisan pertama nih di 2020 haha Penting banget
Eh iya, Udah Nulis Resolusi Buat Ditahun ini ?

Tahun Kemarin Alhamdulillah ada beberapa resolusi ku yang tercapai, dan yang belum tercapai tinggal dilanjutin di tahun ini , InsyaAllah terwujud..

Nah Ngomong-ngomong soal Resolusi, Toilet Training sebenarnya ga termasuk resolusi yang aku rencanain. Ga nyangka bisa melewati moment toilet training secepat kilat, kira-kira seminggu anak ku Bya udah bisa Bilang Pipis atau Pup di Toilet, terharu aku tuh.
Ku pikir, Bya siap di usia nya 3 tahun lebih gitu, ternyata Alhamdulillah lebih cepat dari yang dibayangkan. Pas di usia nya 27 bulan, dia sudah bebas dari diaper alias popok siap pakai.. 
sekali lagi Alhamdulillah :)




Pertanyaan yang Muncul, Ko Bisa?

Bermula dari ke isengan bunda nya (ini yang lagi nulis) coba ngetes anak sendiri, 
terlintas di benak "kira-kira ngerti gak yah nih anak sama Pipis/Pup di Toilet masih kecil gini, cobak ahhh?"

Bunda : Bya Pipis Yuk ?
Bya     : Hah !! (Muka Bingung)

Langsung Cus Bawa Anak ke Toilet dan apa yang terjadi ??
ga ada pipis yang keluar (percobaan pertama GAGAL)

Dan Kejadian, Percakapan kaya gini berlangsung terus Menerus. Aku ga nyerah, tetep usaha dan ngasih arahan ke Bya sampai mulut kering wkwkw.

Aku pakai bahasa yang mudah di mengerti Bya (menurut ku dia ngerti) sambil memperagakan saat ngasih arahan. kaya intruksi pramugari sebelum take off. haha

''Bya, kalau Mau pipis di Toilet yah, Bya tidak pakai diaper lagi. Tidak pipis/pup sembarang tempat yah, harus di toilet,okeehh"

Karena aku sama Bya 24 Jam bersama, jadi bener-bener aku manfaatin banget waktu yang ada. Selalu aku ulang terus kalimat itu.

Bya udah bisa ngomong lancar di usia mau 2 tahun, walaupun sampai sekarang, penyapaian nya masih agak kurang jelas, tapi lumayan lah dia udah sedikit ngerti, hehe..

"Intinya, jangan menyerah, sabar, yakin pasti bisa"

Pertanyaan selanjutnya, Berhasil gak?

Berhasil dong !

Hari Pertama : GAGAL MANING COY ! Pipis dimana-mana, Pupu di Celana, Ambyaaar Seharian Mood Berantakan, Tenaga Terkuras Habis, Ngepelin Sana Sini, Cuci Celana Berulang Kali. Asoy Banget..wkwkw

Hari kedua    :  Belum Ada Perubahan Juga, Masih sama kaya hari pertama. Tapi tetep kekeh Bunda nya sama keyakinan yang ada.

Dibilang Maksain, Aku ga pernah maksa Bya untuk Toilet Training secepat ini. Cuma kaya ada keyakinan dalam Benak, Kalau Anak kecil daya serap nya kan cepat, urusan Toilet Training kaya gini gampil lah buat dia. Asalkan Anak udah bisa bicara dan konsisten kita ngajarin nya.

Hari ketiga    : Masih sama kaya Hari ke 1 dan 2 :)

Hari Keempat : Alhamdulillah Doa bunda Dikabulin, Bya udah mulai ngerti dikit-dikit. walaupun masih suka kebobolan pipis dan pup di celana. Tapi lebih lumayan dibandingkan Hari 1,2,3

Hari Kelima    : sama kaya Hari ke 4 :)

Hari Keenam   : MasyaAllah, Bya udah Pipis dan Pup di Toilet tanpa drama. Bunda terharu Banget, Bya bisa paham secepat ini :))

Hari ketujuh : Alhamdulillah sudah matang, bener-bener bebas dari diaper/popok siap pakai. aku sama sekali ga beliin dia diaper. 

Kata ayahnya, beliin aja bun.. buat jaga-jaga.. bunda nya kekeh, ga usah ayah, bya udah pinter :)
eh jangan salah, walaupun keliatan nya udah siap. Pernah tuh, lagi main di mall, tiba-tiba Bya Pipis tanpa beban, celana abis basah, sekaligus sepatu yang dia pakai tergenang oleh pipis juga.. 
haha (harap bersabar, ini ujian), tapi tetep aja sampai sekarang ga jera, tetep ga ku beliin diaper.

 Pertanyaan Selanjutnya, Pake Potty seat gak?

Gak !

Menurut ku sama aja, pake ga pake, yang penting niat dan konsisten. Memang semua punya cara nya masing-masing. Ukuran kloset kan agak besar buat anak kecil usia 2 tahun, tapi menurut versi ku, potty seat kurang ampuh. 
jadi aku selalu megangin bya saat dia pup di kloset. Kalau pipis aku ngajarin dia jongkok dilantai. emang agak pegel nungguinnya, tapi gapapa, bunda nya happy :)

Yaudah segitu cerita aku tentang toilet training yang mengharukan, sangat menyenangkan, bahagia banget bisa nemenin Bya disaat pertama dia pipis dan pup di toilet. 

semenjak jadi ibu, bahagia tuh jadi simple banget, liat anak sehat, cepat respon, happy dan ceria, mau makan, itu udah lebih dari cukup. ya gak sih buibu ? heheh











26 comments

  1. waaah haru banget ya mba momen-momen membersamai anak apalagi ketika masuk pada tahap toilet training kayak gini dan ga ada kata putus asa ini. Aku sakut nih, semoga aku juga bisa seperti itu nanti, dengan sabar dan yakin

    ReplyDelete
  2. Selamaat ya Bya sudah lulus toilet training. Bundanya keren deh nggak putus asa ngajarinnya. Lumayan menghemat pengeluaran rumah tangga nih nggak perlu beli diaper lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi tante alfa :). Mayan nih mba, bisa buat beli yang lain hehe

      Delete
  3. Selamat bya keren banget nih udah bisa pupup dan pipis di toilet. Semoga semakin pinter lagi yaa

    Btw bagus banget kak artikelnya sangat membantu tuk para ibu dan calon ibu. Walaupun aku masih belum jadi ibu dan jadi calon ibu wkwkekw

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kebayangkan gimana serunya nnti kalau jadi ibu, hehe

      Delete
  4. mashaa Allah gemes bgt baca ceritanya, semoga selalu sehat dan makin pinter yaa dedeknya hehe
    karena aku belom punya anak bisa bgt jih jd tips buat nanti hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jadi ntr pas punya anak ga kaget lagi hehe

      Delete
  5. Hahahha selamat kakak. Emang biasanya kalau anak kita pegang langsung 24 jam akan lebih mudah ngelatih toilet training nya. Yg penting sabar yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaap, sabarnya itu yang bikin greget kadang2.. Alhamdulillah bisa terlewati mba

      Delete
  6. <> setuju 10000% wkwk. aku juga baru mau ngajakin toilet training setelah sapih ini. doakan Mbak. makasih sharing pengalamannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihhh.. mangat mba, kamu pasti bisa. MANGAAAAT

      Delete
  7. Ikut seneng mba. Emang harus sabar walaupun awal-awal sering ambyar yah ahaha. Nanti aku juga bakalan begini nih kalau punya anak. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya udah nano nano banget mba, Alhamdulillah bisa lewat

      Delete
  8. Waah selamat ya Mbak udah berhasil toilet training. Anakku umur 19 bulan, saat ini tiap mau poop sudah terbiasa di kloset (pakai dudukan toilet Bumbo), Alhamdulillah bersihinnya jadi gampang. Tinggal pipis aja nih belum, nunggu anaknya siap :) Cepet juga lho mbak BTW anakmu lulus toilet trainingnya, ikut senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung eksekusi aja mba. anakku juga keliatannya ga siap. abis nunggu dia siap kelamaan. hehe tapi jangan maksain juga, pelan tapi pasti. biar anak ga trauma

      Delete
  9. Duh, Aku masih kesulitan nih toilet training bungsuku. Moody anaknya. Kadang mau, kadang enggak. Pake drama tantrum pula. Kudu belajar banyak nih. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lepas sama sekali diaper mba, dia kebingungan sendiri. akhirnya dia ga nyaman dengan keadaan celana basah dan pup di celana. akhirnya bisa juga lama2

      Delete
  10. Penuh perjuangan ya mbak awal-awal ngajarin toilet training. Semangaat!

    ReplyDelete
  11. Ya Allah, ribet banget ya ternyata, harus banyakin sabar dan telaten. Kayaknya terbantu banget deh dengan adanya toilet training ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku toilet trainingnya langsung di tempatnya mba, biar ga kerja 2 kali ngajarinnya. ga di tempat duduk gitu

      Delete
  12. Intinya konsistensi dan kesabaran ya mom huhu Keren mom :') Aku resolution tahun ini anakku Lulus TT. Doakan yaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangat bun, kamu pasti bisa, emaknya musti pede, jadi anaknya keikutan pede
      mangaaaat buns :)

      Delete
  13. Untuk anak kedua, aku agak longgar dalam penerapan toilet training nih mba. Hehe. Suka kebawa nanti aja dehhh nanti pada saatnya juga bisa TT. Jadi adik kay TT itu diusia 3thn. No drama sih emang. Krn dia jg sdh siap mungkin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semua datang dr keyakinan kita bun, Alhamdulillah ga drama yah, manteb bun :)

      Delete