saluran pernapasan

by - Februari 20, 2019

Assalamualaikum

kali ini aku mau cerita tentang masa membingungkan pasca lahiran anak pertama.
apaan yah?
sebenarnya banyak hal yang buat binggung saat pertama kali punya anak.
(lagi lagi syndrom anak pertama)

Alhamdulillah anakku lahir dalam keadaan sehat, awalnya belum ada yang terlihat berbeda, setelah 2 minggu ko terasa ada yang ganggu yah di saluran pernapasan anak ku. Menurutku dia seperti sulit bernapas, ada lendir di tengorokan nya ( kalau dibahasakan seperti ada suara grok grok keluar dari mulut nya), aku sempet khawatir dan pikiran melayang kemana-mana. walaupun kaya gitu, Alhamdulillah nya anak ku ga rewel, ga ada tanda tanda dia merasa kesakitan.

makin bingung dong ini dia kenapa yah?
apa waktu lahiran, tengorokan nya kurang dibersihin pake selang?
apa dia batuk? tp ga uhukuhuk
apa tenggorokannya bermasalah?
banyak deh pertanyaan melayang di otak kita sebagai orang tua
tapi kita coba positif thinking dan ga panik dulu.

akhirnya aku bawa dia kerumah sakit, kebetulan memang waktunya kontrol bulanan setelah lahiran.
dokter bilang ini hal yang wajar dialami anak yang baru lahir, dokter menyarankan uap si bayi untuk mengurangi (suara grok-grok) di tengorokan bayi.
aku dan suami ga langsung eksekusi gitu aja dengan omongan dokter, akhirnya kami pulang dan coba googling dengan permasalahan yang lagi kami hadapi.
digoogling bilang, anak yang baru lahir dengan kasus seperti ini masih dalam batas wajar, sarannya sering di jemur dan pemberian ASI yang lebih sering.
nahh.. kami coba saran google yang alami untuk beberapa bulan kedepan.

3 bulan berlalu,
anakku belum ada perkembangan suara grok grok nya hilang.
kita bingung. sempet kepikiran,
kalau didiemin aja, cuma mengandalkan dijemur tiap pagi atau pemberian ASI cukup gak yah?
takut nya malah sampai dia besar kaya gini, lebih sulit lagi di obatin..

akhirnyaaa.. kami pergi lagi ke dokter yang berbeda, di rumah sakit yang berbeda juga.

di sana aku mendapatkan jawaban dari dokter anak
dia bilang ''anakku baik baik saja, tunggu sampai dia beranjak usia 6 bulan atau lebih, grok-grok nya pun akan hilang dengan sendirinya, tidak perlu di uap diberi obat dll, cukup sering berjempur tiap pagi dan pemberian ASI sesering mungkin''


kami pulang dan mencoba lagi saran dokter.
Alhamdulillah waktu yang di tunggu datang juga, anak ku usia nya sudah 6 bulan lebih
dan ternyata BENAR PEMIRSAH SUARA GROK GROK HILANG

Bersyukur banget dengan kuasa Allah, anakku sehat. Bahagianya tak terkira, hehe

jadi saran ku kalau ada anak nya mengalami hal yang sama kaya aku,


  • lebih baik hindari uap dlu pada bayi yang baru lahiran, karena kasian baru lahir udah ngirup obat, kalau punya jalan lain yang lebih baik dari ngirup obat kenapa ga dijalanin dulu.
  • lebih sering dijemur pagi, kalau bisa setiap hari jangan absen lupa, sempetin banget banget
  • Pemberian ASI sesering mungkin, jaga kualitas ASI juga biar mempercepat penyembuhan. karena obat yang baik buat bayi ya ASI :)





You May Also Like

0 komentar