perut bayi ku

by - Februari 20, 2019

Assalamualaikum

kali ini aku mau sharing tentang asi nih :)
tau kah kamu, bayi setelah dilahirkan mempunyai daya tampung yang masih sedikit?
prosuksi asi akan menyesuaikan kebutuhan bayi loh mom, jadi jangan keburu panik dulu kalau asi keluar dikit. sering banget aku denger, ko asi nya dikit sih? ko susah yah keluar?

hellooo to the helooo.. semua butuh proses malihh. itu yang aku alami dulu setelah lahiran anak pertama, semua itu baru banget buat aku, aku jarang googling tentang asi sebelum lahiran, terlalu sibuk sama kerjaan haha.. (jangan ditiru)

jangan kecil hati dulu, jangan bersedih hati, jangan putus asa, jangan suuzon, jangan minder dulu.

Percaya lah Allah Swt amat sangat baik sama kita, Dia lebih mengetahui kebutuhan kita dibanding kita sendiri. sampai urusan per Asi an dia tau berapa ml dia kasih ke anak kita, melalui ASI ini, masyaAllah.. kadang suka malu, kadang suka kurang bersyukur. Kita ga sendiri, kita punya Allah. 

jadi moms, mohon maaf ko urusan ASI sampai nyerempet ke Allah Swt. karena aku pribadi , yang bikin aku kuat, yang bikin aku percaya diri, yang bikin aku yakin sama ASi ku sendiri selain dari suami dan keluarga besar , itu datangnya dari Allah. kita kalau mengandalkan akal pikiran tanpa melibatkan Allah, ga akan sangup beb, yakin deh .

nah sekarang mari kita kulik kebutuhan Asi  Bayi :
  1. Bayi usia 1 hari hanya butuh 5-7 ml atau satu sendok makan ASI sekali minum. Di usia ini ukuran lambung bayi hanya sebesar biji kemiri. kecil kan bun :)
  2. Bayi usia 3 hari butuh 22-27 ml ASI sekali minum atau hampir satu gelas takar air, sehari. Ukuran lambungnya berkembang menjadi sebesar buah ceri.
  3. Bayi usia 1 minggu, butuh ASI 45-60 ml per satu kali sesi menyusu. Ia dapat menghabiskan 400-600 ml ASI atau satu setengah gelas hingga dua setengah gelas takar air per hari. Di usia ini kebutuhan bayi meningkat karena adanya growth spurt yang pertama.
  4. Menginjak usia satu bulan, kebutuhan ASI meningkat jadi 80-150 ml dalam sekali minum. Di bulan pertama, bayi akan menyusu 8 hingga 12 kali sehari atau tiap 1,5 jam sampai 3 jam. Di usia ini, bayi udah pinter nyusu, bunda pun tidak canggung lagi menyusui.
  5. Usia 6 bulan, meski bayi sudah kenal MPASI, ia masih tetap butuh ASI sekitar 720 ml ASI per hari. Manfaatkan ASI perah untuk mengencerkan makanan padat bayi, sehingga rasanya sama dengan ASI. Di usia 7 bulan, kebutuhan ASI bayi bisa mencapai 875 ml atau sekitar 93 persen dari total kebutuhan asupan gizi anak. 
  6. Usia 12 bulan, kebutuhan ASI bayi menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Di ulang tahun pertamanya, bayi bisa mulai makan makanan padat seperti makanan orang dewasa atau table food. Semakin bervariasi bahan makanan yang Anda berikan, maka kebutuhan gizinya akan terpenuhi.
  7. Usia 12-24 bulan: Semakin besar, bayi tidak lagi membutuhkan ASI terlalu banyak. Paling tidak hanya sekitar 100-150 ml dalam satu hari. Penyebabnya tentu karena makanan yang diberikan sudah berbentuk lebih padat dibandingkan satu tahun sebelumnya. Pemberiannya pun bisa dilakukan antara 3-5 kali sesi menyusu.
selamat berjuang para moms, positif thinking yah biar ASI lancar :)


sumber foto : wvindonesia.org

You May Also Like

0 komentar