Dilema BAB dan BAK Pasca melahirkan

by - Januari 09, 2019

Assalamualaikum

Angkat tangan siapa yang udah pernah lahiran?
Siapa yang pernah ngerasain takut BAB dan BAK pasca lahiran?

Hampir semua wanita kayanya melewati fase ini. Termasuk yang lahiran nya normal.
Dulu aku merasa kaya mimpi buruk, bingung mau bab dan bak gimana caranya. Kebanyakan yang dipikirin, haha ya gak sih.. apalagi kalau kita kurang konsumsi makanan berserat, itu rasanya ga enak banget mau ngapa''in. 

Pernah loh, aku sampai hampir seminggu gak bisa bab. karena bawaan nya takut. takut robek lah jahitan, takut pendarahan lah. Dan aku juga pernah tuh ngalamin pipis berdiri, ga berani jongkok dan duduk, yaa itu karena takut robek jahitan nya, heheh.. besoknya pas aku periksa ke dokter, sekalian aja aku tanyain masalah sulit bab dan bak ini dan kata dokter aman ko, jahitan nya InsyaAllah kuat, walaupun dokter udah ngomong gitu, tetep aja yang namanya takut masih ada, hehe..

ga bab salah, bab salah.. akhirnya aku siasatin nya sama konsumsi buah buahan dan sayuran dalam jumlah banyak, terutama pepaya, daun singkong, daun katuk.

aku kemaren lahiran normal, sedikit ada jahitan. aku konsumsi obat dari dokter + aku tetesin ke kapas betadin cair ke sumber jahitan, katanya biar cepet kering jahitan nya. dan itu berkerja :)
waktu itu juga aku ga dibolehin makan ikan, katanya lama penyembuhan. gantinya ikan, aku makan daging dan ayam.

baru bisa normal beraktifitas kira'' sebulanan, agak lama memang beradaptasi nya. tp gapa, intinya jangan stress, dibawa happy. Bunda happy anak juga happy :)

Alhamdulillah .. badai pasti berlalu, semua terbayarkan melihat anak mengemaskan 
tumbuh sehat dan ceria :)

zaman lahiran mah banyak banget ceritanya, maklum baru pertama kalinya lahiran, belum punya pengalaman apa apa.. dari ujung rambut sampai ujung kaki penuh dengan cerita hehehe

nanti aku bakal sharing banyak tentang lahiran yah, semoga bermanfaat.. 
kalau kamu pnya pengalaman seru juga bisa komen yah, see you..



You May Also Like

0 komentar