Tumbuh Kembang Si Kecil Adalah Segalanya

by - Desember 16, 2018

Hai Assalamualaikum..

Alhamdulillah sudah masuk akhir tahun, bentar lagi 2019 waktu sekarang berputar cepet banget.
tau-tau udah sore aja, baru kemaren weekend, udah ketemu weekday lagi.
terlalu menikmati hari-hari, sampai lupa ini tuh hari apa yah..
semua hari buat aku sama, sama indahnya kalau sama kamu.. eaaeaaa..
ini cuma aku aja yang ngalamin, apa semua orang ngerasain hal yang sama kaya aku yah ?

ga terasa anak perempuanku sudah 16 bulan sekarang, bentar lagi masuk SD, duh !
lagi masa nya ga bisa diem, semua hal dipegang, dicoba, dimasukin mulut, ga ngerti takut, bahaya, semua di terjang sama dia.

sekarang udah jadi seorang ibu, yang dipikirin ga diri sendiri aja. musti pinter-pinter bagi waktu kerja dan waktu bermain sambil belajar sama si cantik, karena dia lagi dalam masa golden age. Aku ga mau ngelewatin moment penting ini gitu aja.

tipe anak ku cepet bosen, jadi aku mengsiasatinya dgn banyak aktifitas fisik seperti :

Yang Pertama, Take and gift

ngajak anak meminjam suatu benda sambil mangil namanya.
contohnya yah (semoga yang baca paham) hehe..

 B : ''Ini buat nabilah.. (ceritanya ngasih pinjem mainan ke dia)
 N : (Otomatis dia akan nerima barang yang kita kasih )
 B : Eits.. pake tangan kanan nak ambilnya :)
 B : ''Makasi Nabilah, sambil senyum 

( padahal kita yang ngasih yah, seharusnya nabilah yang bilang makasi hehe..
krn ceritanya aku lagi ngajarin dia, jadi kita duluan yg bilang makasi, dan bisa jadi latihan otot tangan untuk menahan benda yang digenggam, latihan daya ingat (kalau dipinjemin barang itu, bilang terima kasih pakai tangan kanan sambil senyum) dan aku juga ngajarin, kl dia namanya Nabilah.
Awalnya dia bingung, tapi lama kelamaan dia paham.

Yang Kedua, Duduk

aku selalu ngajarin anak ku kalau mau beraktifitas mau itu baca buku, makan, minum itu harus duduk (ini sederhana, tapi menyenangkan buat mereka ).

Yang Ketiga, Main Bola

Walaupun anakku perempuan, aku tetep ngajakin dia bermain bola. karena permainan bola bisa untuk latihan berdiri (keseimbangan badan), latihan otot tangan dan kakinya, seluruh badannya bergerak.
biasanya kalau weekend, si kecil main bola sama ayah nya. itung-itung olahraga buat ayahnya, bundanya shopping dulu hehe

Yang Keempat, Permainan Tangan

bermain cilukbaa, tepuk tangan, salim dengan orangtua dan tos (hai5) juga cukup seru dan sering kita lakuin. selain bisa melatih motorik anak, kita juga mengajarkan berekspresi dan menanamkan nilai sopan santun. Anakku kl lagi bete, ga turutin maunya, aku ajak nyanyi balonku dan tos (hai5) moodnya langsung girang lagi, gampang banget yak :)

Yang Kelima, Finger Food

Disini aku melatih motorik halus. aku ajak anakku ambil sendiri potongan buah, snack atau sayuran yang sdh ku siapkan di piring atau mangkuk.

coba deh moms kasih cemilan kaya boromon dari monde, anakku seneng banget dikasih cemilan ini. rasanya enak, bentuknya mungil, imut kecil-kecil dan lembut. nah kalau lagi jalan, aku ga lupa bawa cemilan boromon ini, selain praktis, sehat, aman buat anak, halal dan ga blepotan di baju hihihi..

nih aku kasih tau tampilan bungkusnya, biar ga salah beli moms




ini nama nya Monde Boromon Cookies. Cookies sehat dan bergizi cocok untuk anak usia 1- 5 tahun. Bahannya terbuat dari tepung kentang dan campuran madu, minyak ikan. yang lebih penting, monde boromon cookies ini HALAL dan bebas gluten moms.

(kemasannya aja nge gemesin..apalagi isinya, lah salah fokus emak nya)


*(serius banget neng nyemilnya)

oia moms, kotak boromon ini aku daur ulang lagi, ga langsung aku buang setelah makanannya habis. bisa dipakai untuk mainan anak, seperti aku ngajakin anak ku disusun tingkat keatas menyerupai gedung atau kotak boromon disulap jadi pin bowling terus dilempar pake bola. sekali coba yang baru mereka pasti tertarik banget dan bisa jadi peluang mengasah motorik si kecil. itung-itung hemat budget buat beli mainan baru :)







Yang Keenam, main dorong-dorongan

kadang mainan udah dibeliin bagus-bagus, yang dimainin malah yang lain.
Di beliin mainan dorongan, tapi realita nya yang dimainin malah galon air atau jemuran handuk.
ya gapapa deh, yang penting bisa jadi latihan motorik kasarnya dan rasa happy ke nabila.

Yang KeTujuh, Membersihkan mainan

nah.. ini paling super ngeberantakin everytime, everywhere.. cara mengsiasatin nya dengan hitung barang. selain mainan jadi rapi ini bisa ngelatih motorik halusya. anakku suka ngebrantakin mainan, aku sengaja bersihin mainan didepan dia sambil dihitung satu-satu mainan yang masuk kedalam kotak. lama kelamaan dia perhatikan dan ngikutin gaya aku, BINGO kan moms :)

Yang Kedelapan, Gambar

yang baru baru ini, aku ngasih media kertas (buku) dan pulpen untuk digambar alias dicoret-coret. krn usia anakku msh 16 bulan, belum bisa dikasih crayon, jadi cukup pulpen dan kertas aja. Dia happy, serasa bebas ga dilarang coret-coret haha.. nah ini bisa dikategorikan latihan motorik halus dan latihan kecerdasan visual moms, krn cakupanya mengengam dan melukis, memegang.

coba dikreasikan aja moms, sesuai umur. kl buku kurang pas, coba pake kertas lebar ditempel di meja dan kasih crayon atau spidol warna warni.

atau kalau mau lebih aman lagi. pake media jus atau buah yang bewarna mencolok seperti buah naga, mangga, bebasin dia bersenang-senang dengan jilatin tangannya, Baju berantakan, mulut belepotan, wuah pasti surga banget buat dia.

Yang KeSembilan, Say 'Good Job'

Ga lupa nih aku selalu bilang.. GOODJOB setiap dia berhasil melakukan hal baik.
Jadi dia tau kalau tindakannya itu bagus, kedepannya dia lebih semangat untuk berbuat baik lagi.
setiap aku bilang goodjob, anak ku pasti tepuk tangan dan senyum :)

Karena ada banyak hal seru dan sederhana yang bisa kita lakukan bersama anak. Ga perlu budget mahal , cukup luangin waktu dan sedikit kreatifitas aja moms. Sekarang zaman udah canggih banget, ini itu hampir ada di dunia internet. Cari ide mainan homemade. Kalau bisa ajak ayahnya untuk ikut serta dalam kegiatan latihan motorik halus dan kasar biar si kecil semakin cerdas dan merasa lebih dekat dengan kita.

Selamat Bersenang senang :)







You May Also Like

0 komentar