semua tentang teh

by - Agustus 15, 2013

Assalamualaikum



Selamat hari kamis semuanya.. gimana kabarnya hari ini? adakah yang menjalankan puasa shawal?
gue terinspirasi dari saat buka puasa kemaren dengan sajian pembukanya adalah teh hangat yang dibuat sang bidadari tercantik di rumah (mama) .. wow subhanallah nikmat banget, rasanya pokoknya sesuatuuu deh (tolong yang baca jangan ikut lebay) :D 

dan setelah dipikir-pikir, ternyata teh yang kita konsumsi itu ga sekedar teh untuk pelengkap buka puasa atau temen makan kue, dia punya manfaat tersendiri. Sampai ampasnya juga punya manfaat loh..


Menyegarkan Mata
Untuk melakukannya, cukup lapisi ampas teh dingin dengan kain tipis bersih lalu letakkan di atas pelupuk mata. Jika tidak ingin repot membungkus ampas teh, Anda dapat langsung meletakkan ampas teh di pelupuk mata. Manfaat ampas teh tetap akan sama.
Mengurangi Jerawat
Ampas teh dapat dimanfaatkan untuk dijadikan masker. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit air ke dalam ampas teh. Aduk hingga rata, lalu gosokkan masker teh ke wajah dengan lembut sekitar 5 menit. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.
Menjadi Lulur Tubuh
Manfaat ampas teh juga bisa didapat dengan menjadikannya lulur tubuh. Pertama, diamkan teh selama 1 malam dan jaga agar ampas teh tidak terkena kotoran dengan menutup rapat tempat penyimpanan teh. Keesokan harinya, ambil ampas teh sedikit demi sedikit dan balurkan ke sekujur tubuh, diamkan sebentar hingga lulur meresap, lalu lakukan pemijitan ke sekujur tubuh untuk membuang kotoran-kotoran dan kulit mati.
Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap
Masalah bau tidak sedap pada kaki tentu amat mengganggu. Manfaat air teh dapat Anda gunakan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menyiapkan air teh hitam yang dingin. Rendam kaki setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam.Tanin yang terkandung dalam teh hitam ini membunuh bakteri di kaki dan menutup  pori-pori kaki sehingga mencegah bau kaki datang kembali.
Menyuburkan Tanaman
Agar tanaman yang Anda tanam tumbuh subur, taburkanlah ampas teh di sekitar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah.
Menghilangkan Bau Amis pada Perangkat Masak
Manfaat ampas teh juga dapat dirasakan untuk keperluan rumah tangga. Cuci bersih wajan setelah selesai digunakan. Kemudian rebuslah ampas daun teh di dalamnya. Setelah didiamkan selama 20 menit, bau amis atau aroma dari bahan yang tadi dimasak akan terserap oleh ampas daun teh.
Layak untuk dicoba dalam kehidupan sehari-hari, apalagi minum tehnya sama orang-orang terdekat seperti orang tua, keluarga atau sahabat didukung sama suasana yang nyaman, pasti lebih nikmat yah. 

ngeteh yuu : )


sumber gambar : google

You May Also Like

0 komentar